Manajemen Pendidikan – Pengertian dan Tujuan

Manajemen Pendidikan merupakan aturan yang diterapkan dalam ruang lingkup dunia pendidikan. Tujuan nya tak lain adalah agar proses pendidikan berjalan teratur dan tercapai tujuannya. Konsep dasar dari ilmu manajemen sebetulnya adalah proses pengaturan terhadap suatu …

manajamen-pendidikan

Manajemen Pendidikan merupakan aturan yang diterapkan dalam ruang lingkup dunia pendidikan. Tujuan nya tak lain adalah agar proses pendidikan berjalan teratur dan tercapai tujuannya.

Konsep dasar dari ilmu manajemen sebetulnya adalah proses pengaturan terhadap suatu hal. Pada praktek nya, akan terjadi proses perencanaan, pelaksanaan dan pengontrolan. Sehingga akan dicapai tujuan yang efektif dan efisien.

Definisi Manajemen Pendidikan

Menurut Soebagio Atmodiwirio, manajemen pendidikan adalah proses untuk melakukan perencanaan, melakukan organisasi untuk memimpin dan untuk melakukan pengendalian.

Dalam lingkup dunia kependidikan, proses ini dilakukan oleh para tenaga pendidik beserta elemen terkait agar pendidikan mencapai tujuan yang diharapkan.

Dalam literasi lain dijelaskan bahwa manajemen pendidikan yaitu suatu proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengawasan dalam mengelola sumber daya yang mana hal itu bisa berupa man, money, materials, method, machines, market, dan segala hal untuk mencapai tujuan pendidikan yang efektif dan efisien.

Tujuan dan Fungsi

Sebagaimana dikutip dalam definisi diatas, bahwa manajemen pendidikan bertujuan untuk tercapainya tujuan pendidikan. Namun apa saja tujuan pendidikan di indonesia?

Tujuan Pendidikan Nasional

Tujuan Pendidikan Nasional sendiri tertuang dalam Undang-undang No. 20 Tahun 2003 Pasal 1 ayat 2 yang berdasarkan Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

Menurut Ki Hajar Dewantara tujuan nya adalah segala daya upaya untuk memajukan budi pekerti, pikiran, serta jasmani anak, agar dapat memajukan kesempurnaan hidup yaitu hidup dan menghidupkan anak yang selaras dengan alam dan masyarakat.

Tujuan pendidikan juga tertulis dalam UU No. 20 Tahun 2003 pasal 1 ayat 1 yaitu:

‚ÄúPendidikan adalah usaha sadar dan terencana untuk mewujudkan suasana belajar dan proses pembelajaran agar peserta didik secara aktif mengembangkan potensi dirinya untuk memiliki kekuatan spiritual keagamaan, pengendalian diri, kepribadian, kecerdasan, akhlak mulia, serta keterampilan yang diperlukan dirinya, masyarakat, bangsa dan negara.”

Fungsi Pendidikan Nasional

Pendidikan Nasional memiliki fungsi untuk mengembangkan kemampuan, membentuk watak, kepribadian agar peserta didik dapat menjadi pribadi yang lebih baik.

Sedangkan lembaga pendidikan memiliki fungsi seperti:

  • Mempersiapkan seluruh masyarakat untuk bisa mandiri dalam mengusahakan nafkahnya
  • Membangun semangat dan mengembangkan minat serta bakat setiap individu untuk tercapainya tujuan individu maupun umum.
  • Menanamkan keahlian dan keterampilan yang dibutuhkan dalam keikutsertaan dalam kehidupan berdemokrasi
  • Menjadi sumber-sumber inovasi dan inspirasi dalam konteks sosial masyarakat

Leave a Comment